Klub Haus Buku

4 Juni 2008

Siklus Pemanasan Global

Filed under: Resensi Buku — opungregar @ 08:15
Tags:
BUKU BARU Sumber : Kompas Minggu, 1 Juni 2008 | 03:00 WIB
Judul: Unstoppable Global Warming: Every 1,500 Years
Penulis: S Fred Singer & Dennis T Avery, Penerbit: Rowman & Littlefield Publishers, Inc
Cetakan: II, 2008, Tebal: xxi+278 halaman.

Sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 2007, Unstoppable Global Warming langsung menyabet predikat buku laris versi New York Times. Buku ini lantas mengundang kontroversi. Berlawanan dengan anggapan ilmiah saat ini, penulis justru menunjukkan bahwa pemanasan global merupakan siklus perputaran Matahari yang menyebabkan temperatur menghangat. Siklus ini terjadi setiap 1.500 tahun. Untuk menguatkan diperlihatkan bukti sejarah dua periode pemanasan yang sama yang pernah terjadi, yaitu pemanasan pada Masa Pertengahan (950-1300 M) dan pemanasan Masa Romawi (200 SM hingga 600 M).

Penulis memperlihatkan beberapa ketakutan tak berdasar yang berkaitan dengan pemanasan global. Yaitu pemanasan global akan menyebabkan punahnya spesies, kekeringan dan kelaparan, lebih banyak bencana alam, dan menimbulkan lebih banyak kematian manusia. Dengan mengutip berbagai sumber penelitian dari berbagai jurnal, kedua penulis memperlihatkan permukaan air laut tidak akan naik tinggi. Juga bahwa pulau tidak mungkin tenggelam, perubahan ekologis karena pemanasan global tidak akan terjadi secara cepat. Dengan makin hangatnya suhu Bumi justru ada beberapa spesies yang semakin berkembang. (RPS/Litbang Kompas)

About these ads

8 Komentar »

  1. Ehm…kayaknya buku yg bagus nih. Kebetulan saya juga baru mencoba untuk menuliskan artikel soal Pemanasan Global, coba deh cek di http://www.sejutablog.com/global-warming/. Semoga bermanfaat :)

    Komentar oleh Yudhi — 6 Juni 2008 @ 01:03 | Balas

  2. Terima kasih Mas Ydhi atas kunjungannya, saya dan teman-teman bikin klub haus buku yang mencoba berdiskusi kecil-kecilan tentang buku dan dunia perbukuan termasuk meniskusikan kemajuan industri perbukuan kita di Indonesia, yang sudah sedemikian pesatnya. Karena itu kami berusaha untuk mengumpulkan berbagai pendapat dan gagasan yang menyangkut dengan buku dan dunia perbukuan. Sehingga kami mencoba untuk mengarsipkan tulisan-tulisan yang bicara soal buku. Selain itu kami juga punya kegiatan kecil-kecilan yang sifatnya sosial yakni memberikan semacam klinik baca (reading clinic) kepada anak-anak sekolah, ibu rumah tangga, wartawan, para guru dan siapa saja yang berminat meningkatkan minat bacanya dan menjadikan kegiatan gemar-membaca mengasyikkan dan menyenangkan. Ini kami lakukan di lingkungan kompleks kediaman kami di Bukittinggi.
    Mengenai usaha Mas Yudhi untuk menulis artikel Pemanasan Global, seperti disarankan Mas Yudhi akan kami kunjungi alamat yang diberi Mas Yudhi. Kalau Mas tidak keberatan tolong Mas kirimkan copy artikel yang akan Mas Yudhi tuliskan, bila memungkinkan juga di publikasikan di blog ini sesudah Mas Yudhi terbitkan di Media Massa cetak. Mudah-mudahan bisa dilihat oleh teman-teman di Klub Haus Buku.Terima kasih dan good luck.

    Komentar oleh opungregar — 6 Juni 2008 @ 22:26 | Balas

  3. Buku yang berjudul :Unstoppable Global Warming, karangan S Fred Singer & Dennis T Avery, diterbitkan oleh Rowman & Littlefield Publishers, Inc, 2008. Merupakan peringatan global untuk menyadarkan seluruh umat manusia di muka bumi. Ketika masyarakat ingin menanamkan modalnya di bidang energi tidak saja memerlukan kajian mendalam tetapi juga memerlukan kecermatan akan munculnya reaksi atas pemanasan global. Sebab penymbang utama terhadap pemanasan global ialah karbon dioksida, gas rumah kaca. Bahwa pemanasan global merupakan penyebab resiko perubahan iklim, kerusakan lingkungan dan pertanian.Sekarang ini hampir semua dinegara-negara di Asia mengalami kemerosotan produksi pertaniannya. Maka alangkah bijaksananya, apabila pengendalian polusi udara dilakukan dengan upaya konkrit, lantaran masalah polusi bukan lagi masalah negara kaya, melainkan telah meluas hingga ke pedalaman.

    Komentar oleh opungregar — 12 Juni 2008 @ 00:19 | Balas

  4. Pemanasan global, menjadi tema utama dalam hampir semua diskusi mengenai lingkungan dan pencemaran. Sehingga banyak orang ingin tahu, apakan limbah juga mempunyai pengaruh terhadap terjadinya pemanasan global. Limbah memang mengancam kesehatan masyarakat. Sehingga upaya untuk mendorong masyarakat ikut berpartisipasi mendaur ulang limbah tersebut sejauh tidak membahayakan kesehatan masyarakatr.

    Komentar oleh Alvin Surur — 15 Juni 2008 @ 11:10 | Balas

  5. Buku GLOBAL WARMING adalah buku NON-KOMERSIAL.
    Buku ini dibuat untuk menginformasikan kepada masyarakat kita tentang seriusnya ancaman pemanasan global agar kita semua SEGERA BERTINDAK
    UNTUK MENYELAMATKAN BUMI INI dan menghindari banyak bencana dalam skala besar.Maka, kita perlu ubah gaya hidup kita dan Tunjukkan bahwa kita peduli!
    Buku ini dapat Download Gratis di: http://www.kontaktuhan.org/pemanasan-global.zip
    Jika Anda ingin, Anda dapat upload buku ini ke situs pribadi Anda atau mengirimkannya ke orang lain. Semua ini demi Planet kita tercinta.

    Komentar oleh Suma — 4 Juli 2008 @ 08:44 | Balas

  6. 90 PERSEN BENCANA DUNIA AKIBAT PERUBAHAN IKLIM
    Padahal saat ini paling banyak hanya 200 ribu hingga satu juta orang saja di Indonesia yang paham soal perubahan iklim dan ancaman-ancamannya.
    DAN ada sekitar 220 juta orang penduduk Indonesia yang seharusnya mengerti tentang fenomena perubahan iklim,
    Dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Australia atau negara adidaya Amerika Serikat, tingkat kepedulian dan rasio penduduk yang memahami perubahan iklim Indonesia masih sangat rendah.
    “Perlu ada penyadaran soal perubahan iklim, dan ini dengan kasih sayang,”
    ujar Rachmat Witoelar, Menteri Lingkungan Hidup

    Komentar oleh Yayan Samad — 16 Juli 2008 @ 11:25 | Balas

  7. Ada buku yang dikeluarkan dan diterbitkan oleh Proyek Sphere, buku tersebut berisi Piagam Kemanusiaan dan Standar-Standar Minimum dalam Penanggulangan Bencana. Bahwa Global Warning merupakan peringatan dini terhadap umat manusia penghuni bumi. Di mana pemanasan global akan menyebabkan punahnya spesies, kekeringan dan kelaparan, lebih banyak bencana alam, dan menimbulkan lebih banyak kematian manusia. Kalau asumsi itu benar, maka seluruh umat manusia mesti bersiap menghadapi sejumlah persoalan kemanusiaan. Buku Piagam Kemanusiaan yang dikeluarkan Proyek Sphere merinci secara detail kebutuhan-kebutuhan yang menyangkut manusia yang terkena bencana. Bagi aktivis Penanggulangan dan Penanganan Pengngsi layak membaca dan memiliki buku ini sebagai panduan.

    Komentar oleh Mc Charell — 30 Juli 2008 @ 11:08 | Balas

  8. ‘The Bible Salesman’ has humor, religion and crime AP – Wed Jul 30, 3:44 PM ET
    “The Bible Salesman” (Little Brown and Company. 256 pages. $23.99), by Clyde Edgerton: Henry Dampier, 20 years old and raised to be a Christian gentlemen, is pursuing a career selling Bibles door-to-door when he sticks his thumb out for a ride and ends up traveling an unexpected path.

    Komentar oleh hausbukuislam — 12 Agustus 2008 @ 12:16 | Balas


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Buat website atau blog gratis di WordPress,com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: