Klub Haus Buku

18 Mei 2008

Menguak Sejarah Portugis di Indonesia

Filed under: Resensi Buku — opungregar @ 20:45
Tags:

Minggu, 19 Mei 2008
Judul: Bunga Angin Portugis di Nusantara: Jejak-jejak Kebudayaan Portugis di Indonesia
Penulis: Paramita R Abdurachman
Penerbit: LIPI Press bekerja sama dengan Yayasan Obor Indonesia
Cetakan: I, 2008
Tebal: xvi + 280 halaman

Pepatah mengatakan, “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Begitu pula dengan Paramita Rahaju Abdurachman, yang akrab disapa Zus Jo, Ibu Jo, atau Tante Jo. Bila tak membaca karya-karyanya, kita tak akan tahu siapa sebenarnya beliau. Selama dua puluh tahun sepeninggal Ibu Jo, tumbuh generasi baru yang tak mengenalnya. Ini mendorong keluarga dan temannya mengumpulkan karya beliau yang tersebar di berbagai jurnal untuk mewujudkannya dalam sebentuk buku.
Karangan yang dibukukan ini merupakan hasil studinya sebagai peneliti LIPI yang didasarkan pada sumber-sumber Portugis. Terbagi dalam sepuluh bab, buku ini mengungkap lebih dalam jejak-jejak kebudayaan Portugis di Indonesia, terutama dari aspek kemanusiaan, yang telah dan masih memengaruhi tempat-tempat yang pernah mendapat sentuhan Portugis. Sejak kehadirannya di Kepulauan Indonesia sekitar 500 tahun yang lalu, Portugis memengaruhi dan mewarnai kehidupan beberapa komunitas di Nusantara khususnya di Flores, Solor, dan Maluku.
Bahkan di bagian timur wilayah Jakarta, antara Kali Cakung, pantai Cilincing, dan tanah Marunda, terdapat komunitas yang disebut Kampong Toegoe. Penduduknya mengklaim sebagai “orang Portugis” serta percaya bahwa mereka adalah keturunan bangsa Portugis. Kehidupan dan keseharian mereka menggunakan bahasa (kata-kata) Portugis. Cara berpakaian, jenis musik, serta tariannya juga mengadopsi budaya Portugis. Salah satunya adalah Keroncong Toegoe, yang diyakini dipengaruhi oleh Fado, musik populer dari Portugal. (DEW/Litbang Kompas)

3 Komentar »

  1. Buku hebat tentang sejarah portugis di Indonesia, patut dibaca kalangan mahasiswa, peminat sejarah dan mereka yang bergumul dalam pencarian jejak-jejak kebudayaan Portugis di Indonesia.

    Komentar oleh Alvin Surur — 22 Juni 2008 @ 08:57 | Balas

  2. Komnitas baca buku adalah komunitas baca buku dan pencinta buku yang mempromosikan buku dan dunia perbukuan. Kami mengajak seluruh penerbit untuk gabung dan mengiklankan produksi bukunya
    di blog klub hasu buku baik di http://klubhausbuku/blogspot.googlegroup,
    http://klubhausbukuyahoogroup.com, https://klubhausbuku.wordpress.com, http://my.opera.blog.com.regar, http://My.Opera.Blog.Com.Regard. http://www.klubhausbuku.blogspot.com

    Komentar oleh opungregar — 27 Juli 2008 @ 18:07 | Balas

  3. bukunya bs didapat dimana ya?
    saya sangat tertarik.
    trimakasih

    Komentar oleh ageenesh — 25 Juli 2010 @ 23:25 | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: