Klub Haus Buku

12 Juni 2008

Romantisme Kisah Cinta Manusia dan Vampire

Filed under: Kesehatan,Resensi Buku,Twilight — opungregar @ 16:39
Tags: ,

Oleh Evi Widi
Menjadi Kekasih Vampire? Wow..mengerikan sekaligus terasa spektakuler show. Entah kenapa, setiap kali aku membaca buku atau nonton film yang berkaitan dengan Vampire ini versi barat, pikiranku langsung melayang pada hantu-hantu versi Indonesia yang terasa gak sekeren si Vampire ini. Si Manis Jembatan Ancol?! Aduhhh.lewat. .kayaknya.

Dalam banyak versi, Vampire selalu digambarkan sebagai sosok setengah manusia setengah hantu yang berpenampilan sopan dan punya paras yang ganteng sekali dan cantik sekali..(tapi giginya bertaring!.. hyiii..). Sehingga begitu menggoda ‘mangsa’-nya yaitu manusia. As you may know, manusia selalu tertarik dengan yang namanya penampilan fisik yang ganteng dan cantik..Well, kalo sosok Vampire-nya semacam Brad Pitt (di Film Interview With The Vampire) siapa yang sanggup nolakk..Apakah di sini ada legenda hantu yang sedikit keren?! Sapa tau Nicolas Saputra atau Andika Pratama bisa kebagian peran..hwehehehhe. .

Okreh, kembali ke laptop Novel Twilight-nya Stepheni Meyer. Novel ini sebenernya menurut aku terlalu mengedepankan perasaan, ya..secara ditulis dari sisi tokoh utamanya Isabella Swan yang diceritakan gadis muda umur 18-an dan belum pernah merasakan pacaran, nah loh!. Jadi ceritanya sangat melankolis dan mendayu-dayu. Bella pindah dari kota yang penuh cahaya matahari Phoenix ke kota muram yang sering hujan dan masih dikelilingi hutan lebat; Forks. Kepindahan Bella ini karena ingin mamanya Renee yang menikah lagi tidak terganggu pernikahannya dengan Phil, suami kedua-nya. Bella memilih tinggal bersama Charlie, Ayah biologisnya di Forks.

Semula tinggal di Forks seperti memenjarakan diri dengan sengaja, tapi semua berubah ketika Bella bertemu dengan serombongan keluarga dr.Cullen di Sekolah SMU barunya di Forks. Dan salah satu dari kelurga itu yaitu Edward Cullen yang digambarkan memiliki ketampanan yang jahat,dingin namun misterius dan sempurna. Keluarga dr.Cullen yang semuanya Vampire, adalah Vampire yang tidak memangsa manusia..(ada- ada ajah ya!) tapi cuma binatang, sehingga mereka gemar berburu di hutan.

Singkat cerita Bella akhirnya pacaran dengan Edward dan Bella sedikit demi sedikit mengungkap jati diri Edward dan keluarganya. Kebanyakan penduduk Forks tidak ada yang tahu bahwa keluarga dr.Cullen adalah Vampire! Hebat kan?

Rasa penasaran Bella yang menggebu-gebu khas anak muda, membawanya dalam hubungan yang lebih rumit dan dalam dengan Edward. Dan katika ada Vampire dari Koloni lain yang pemburu manusia datang, masalah kemudian timbul. Keluarga Cullen yang sangat membela Bella menjadi sesuatu permainan yang sangat menarik bagi Koloni tersebut. Akhirnya Bella menjadi target buruan bagi koloni tersebut dan Keluarga Cullen tentu saja membelanya mati-matian (eh, Vampire kan udah mati ya..?!).

Lantas bagaimana kisah selanjutnya. .jreng-jreng. silakan baca sendiri di Novel Twilight..hehehhe.

Gak seru dong, kalo tak ceritan semua, ntar kejutan-kejutannya jadi gak asik lagi pas baca, karena udah di kasih tahu..ya gak siii.

Baedeweh, meskipun mendayu-dayu, ini novel enak banget dibacanya, Bestseller gitu loh..two tumb up buat Tante Stepheni, jadi kepengan baca kisah lanjutannya, di New Moon-Dua Cinta neehh.

FYI, Film-nya baru di rilis 12-Desember- 2008, lama ya neekk.. -Eviwidi-

27 Komentar »

  1. Evi Widi bukan mau menakut-nakuti para pencinta Novel Twilight. Tetapi justru mencoba menikmati bagaimana dahsyatnya bertualang dengan Vampire. Sekaligus membandingkan dengan model Vampire Indonesia. Meski Evi Widi tidak mengulas tuntas kisah dalam novel ini, namun persoalan diserbu kengerian justru menurut Evi Widi ia nikmati sepenuhnya. Bagaimana dengan teman lain? Evi Widi Menganjurkan agar membaca novelnya.

    Komentar oleh opungregar — 19 Juli 2008 @ 11:57 | Balas

  2. Meyer’s books center on a romantic triangle involving Bella, a teenager who loves a vampire classmate named Edward, and her best friend, Jacob, a werewolf. “Twilight” appeals to fans, mostly girls, of two major genres — romance novels and paranormal fiction — and has increased interest in other series, including Richelle Mead’s “Vampire Academy” and Ellen Schrieber’s “Vampire Kisses.”
    Like the Potter series, “Twilight” has thrived less on marketing than on a growing, grass roots network of fans.

    Komentar oleh Klub Haus Buku — 20 Juli 2008 @ 20:38 | Balas

  3. (Warning: there are Twilight spoilers contained in the following; if you don’t want to ruin the suspense, stop reading…..now. Warning #2: As you might have guessed from the length of my book, I can’t tell a short story—this is going to take a while. You have been warned.)

    Komentar oleh Klub Haus Buku — 20 Juli 2008 @ 21:18 | Balas

  4. Terima kasih, telah mengunjungi blog Klub Haus Buku, informasi dan komentar yang Anda tinggalkan dan apa yang Anda harus sampaikan, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, sangat bermanfaat bagi kami. Kami ingin terus berinteraksi dengan Anda dan menciptakan hubungan social melalui diskusi online lewat blog ini.
    Kami dari komunitas Klub Haus Buku mencoba membangkitkan kembali sprit Gemar-Membaca Mengasyikkan dan Membikin Hidup Lebih Bermakna. Komunitas ini juga mendiskusikan banyak hal tentang buku dan dunia perbukuan yang telah sedemikian maju dan berkembang pesat di Indonesia.
    Kunjungi terus blog ini dan tinggalkan pesan, saran dan apa pun saja komentar, demi kebaikan dan kebersamaan selalu bermanfaat bagi khalayak ramai pilih salah satu blog ini untuk posting komentar Anda, di alamat ini : http://klubhausbuku.WordPress.com, http://klubhausbuku.blogspot.com, http://bookhunerclub.yahoo/group.com, http://my.opera.com.Opungregar.blog, http://opungregar’s.Weblog.WordPress.com, http://redingcomunity.WordPress.com, http://my.opera.com/Regard/blog
    Salam, Opung Regar

    Komentar oleh opungregar — 30 Juli 2008 @ 02:09 | Balas

  5. Buat pecinta Twilight Series..
    Buku keempat Twilight – BREAKING DAWN udah terbit loh! dari tanggal 2 bisa didapat di toko buku kaya Periplus dan Kinokuniya..di Periplus harganya 149 ribu.[kalau udah preorder jadi cuma 124 ribu] *kenapa gramedia ga jual juga ya?* Guwe udah selesai bacanya,dan begitu deh,jauuh lebih bagus Twilight dari ini,selesai baca Twilight rasanya gimanaaa gitu..eh selesai baca Breaking Dawn,malah bingung… apaan ya, tapi yang paling guwe pengen protes…duuuh… ampun deh… teganya Meyer sama Edward… hikkssss… *jangan-jangan bukan Meyer yang nulis..* masa porsi Edward cuma nyaris sekedar numpang lewat,… gimana menurut lho?. Coba komentari.

    Komentar oleh Devi Nyla — 5 Agustus 2008 @ 14:27 | Balas

  6. Aku Sherly, blom pernah komen selama ini cuma baca aja…
    Aku mau kasih info buat Evi widi yg nanyain buku seputar Vampire… coba baca buku Anne Rice – Ratu Kaum Terkutuk (The Queen of the Damned) terbitan GPU th 2002.
    Buat Lilly Luciani… toko buku online banyak banget kok… langgananku di http://www.bukabuku. com, http://www.kutukutubuku. com, http://www.inibuku. com, http://www.argentumbooks. com… coba aja bandingin harganya… kompetitif tp ga beda jauh lah…
    Kalo karawang pake ongkir, yg bebas ongkir rata2 jakarta dgn min pembelian.Sherly

    Komentar oleh Sherly Wijaya — 10 Agustus 2008 @ 23:31 | Balas

  7. Makasih banget buat dimuatnya email-ku tentang Twilight..Buat Dewi, kisah Twilight itu unik menurutku kerena selain kisah cinta antara manusia dan drakula, namun sisi kemanusiaanya yang justru ditonjolkan. Bahwa ternyata ada juga dracula yang tidak mau menggigit manusia…(meskipun Edward sangat tergoda oleh ‘aroma’ Bella)

    Komentar oleh Evi Widi — 10 Agustus 2008 @ 23:39 | Balas

  8. Dear All, Hi..aku anggota baru milist ini tapi udah lama di milist harlequin, jadi sering dapet bocoran,terus terang seperti yang lain kayaknya aku juga udah jatuh cinta deh sama si edward Cullen ini hihihi…secara dulu kan bacaan vampirnya cuman dracula doang,
    setelah baca yang satu ini ternyata ada ya vampir yang masih punya sisi humannya. yang mo ditanyain nih ke moderator,apa nantinya
    semua seriesnya twilight ini bakalan diterbitin? karena setelah New Moon kan ada Eclipse trus yang baru mau release agustus nanti.Breaking Dawn & kalo gak salah masih ada lagi tuh lanjutannya tapi yang diceritain dari sisi Edwardnya…Kalo emank diterbitin semua….berarti Gramedia emank TOP BGT dahhhh..Ditunggu yaaaaaaa…Cheers,Judith

    Komentar oleh Priscilla Adhyatmasari — 10 Agustus 2008 @ 23:46 | Balas

  9. Dear Mods..Aku mau tanya nih, ada ga Novel-novel lain yang kisahnya unik seperti Twilight-nya Stephanie Meyer? aku jadi kecanduan en penasaran nih cerita yang seputar Vampire.., kalo ada anggota milis ini ada yang tau pliss..bagi info dong..buat Moderator,thanks before.Regards,-Evi-

    Komentar oleh Evi Widi — 10 Agustus 2008 @ 23:53 | Balas

  10. Halo Evi, kisah unik ini maksudnya yang gimana..? kalau yang bercerita tentang vampire, kamu bisa coba baca harlequin nocturne yg judulnya from the dark, ttg si vampir rockstar yang jatuh cinta dg penyihir, musuh besarnya.Kalau yang mau lebih “berat” lagi, coba baca bram stoker’s dracula,sambil ngebayangin gary oldman yg jadi vampirnya… hehehe ;Salam,Dewi Ariyanti

    Komentar oleh Dewi Ariyanti — 10 Agustus 2008 @ 23:58 | Balas

  11. Harlequin nocturne jg oke buat horor romantis. kalo suka horor beneran ya Dracula- Bram Stoker. Kalo mau vampire berat coba baca The Historian – Elizabeth Kostova.salam,Hetih

    Komentar oleh Hetih Rusli — 11 Agustus 2008 @ 00:00 | Balas

  12. Ikutan aaaah…The Historian itu untuk penggemar vampir, Dracula tepatnya, yg suka sejarah juga. Pasti kagum deh dengan cara Elizabeth Kostova menulis versinya tentang
    Dracula ini. Serasa dapat sudut pandang baru. Dia sangat detail menuliskannya. Aku sampe jadi kepingin ke biara-biara tua di Eropa Timur dan ke Topkapí di Turki

    Komentar oleh Dini Pandia — 11 Agustus 2008 @ 00:05 | Balas

  13. Setelah abis baca Twilight, aku juga pernah merasakan seperti itu, tapi Twilight kan ada kelanjutannya, ikutin aja terus seri-nya, jadi lebih enak menghayati peran dalam novelnya. Aku udah baca Dracula -nya Bram Stoker, tapi menurut aku lebih serius dan kurang greget….(tapi aku suka cover edisi terbarunya, kereeenn!!!) . Katanya sih ada The Historian juga, tapi aku belum sempet nemu bukunya (mo cari yg bekas aja ah…abis kalo yang baru – hard cover- mahal booo!)menurut aku bukan kisah drakula-nya yang menarik, tapi edward dan kisah cinta-nya, dibuku lain mungkin kita ga akan menemukan sosok seperti Edward.Regrads,Lilly Luciani

    Komentar oleh Lilly Luciani — 11 Agustus 2008 @ 00:09 | Balas

  14. Twilight – Stephenie Meyer, Ini cuma komentar pendek tentang buku Twilight-nya Stephenie Meyer.Pendek, karena saya belum selesai baca tapi sudah gak sabar ingin segera ngasih tau semua orang yang belum baca buku ini.Edward the vampire dengan wajah angelic dan suara, tatapan mata, pokoknya semua-muanya yg sangat memukau dan menyihir.
    Belum pernah saya baca novel remaja yang seperti ini. Sexual tension-nya luar biasa! Saya bahkan lupa bahwa tokoh2nya masih remaja. Bukan berarti ada banyak adegan cinta, No, No. Tapi justru karena nyaris tidak ada. Hebat bener Stephenie Meyer ini. Bukan Edward yg menyihir pembaca, tapi justru si penulis yang menuangkannya dengan deskripsi yg dahsyat. Lebih hebatnya lagi, dia tidak pakai bahasa yang sulit dan berbelit-belit kok! Tetap dalam konteks remaja.
    Haduh. Susah memang kalau belum baca sendiri. Bacalah.cheers,Siska Yuanita.

    Komentar oleh Siska Yuanita — 11 Agustus 2008 @ 00:18 | Balas

  15. Hahahahahahaha…mpok siska akhirnya “kegigit” Edward ya???Siska mana pernah baca novel remaja… huehehehe….???Kena deh lo, Sis.
    Tapi beneran kok. Twilight emang gila banget. Aku bener-banar berasa jadi anak 16 th lagi yg jatuh cinta setengah mati sama…Edward. Huhuhuhuhu. Edward oh Edward….Salam,Hetih

    Komentar oleh Hetih Rusli — 11 Agustus 2008 @ 00:22 | Balas

  16. Info dari http://www.shurtugal.com, wow..bentar lagi ya keluarnya ..asiiik, udah sampe lupa cerita buku 1 dan 2-nya kira-kira terjemahan Gramedia selesainya kapan yaa…gak sabar nunggunya..
    cmiiw kaya’nya kurang tepat deh klaim website ini yang bilang Eragon 3 satu-satunya novel belum dirilis yang masuk daftar 20 best seller di amazon.com mungkin kurang update aja, secara update daftarnya tiap jam..blah, guwe sedikit browsing2 ke sini..
    http://www.amazon.com/gp/bestselle rs/books
    bisa diliat bahwa novelnya Stephenie Meyer – Breaking Dawn/twlight 4 [bersama 4 novel Meyer lainnya] juga masuk daftar ini .. dan novel ini juga belum dirilis, *twilight lover sih guwe.. ga terima ajah gitu..*
    Hu hu hu member baru sok protes ya.. maaapkan diriku salam kenal buat semuanya… guwe juga suka banget sama novel..ini sebagian koleksi novel guwe, belum sempat upload semuanya.. masih banyak lagiii.. dan sebagian besar terbitan GPU http://www.librarything.com/ catalog/angelic_ zaizai.

    Komentar oleh Devi Nyla — 11 Agustus 2008 @ 00:53 | Balas

  17. Wow…Secara daku Twilight lover juga, salut deh untuk Stephenie :-)Twilight memang dahsyat.
    Soal Eragon #3,shurtugal.com mesti dikasi tau nih.

    Komentar oleh Dini Pandia — 11 Agustus 2008 @ 00:56 | Balas

  18. i love edward,,,hahaha, gw suka banget ma twilight series, bahkan demamnya berlangsung satu minggu ampe bikin temen gw kawatir soalnya g keluar ikut maen saking asiknya baca, ni novel bisa bikin gw keranjingan baca terus ampe lebih dari sekali, bahkan melebihi harpot, jadi gw SANGAT MEREKOMENDASIKAN untuk dibaca, bagus banget, kisah romeo n juliet jaman sekarang,sangat romantis, g sabar nunggu eclipse n breaking dawn terbit di indonesia, mungkin malah g nunggu lagi terbitan bahasa indonesianya,

    Komentar oleh ika — 28 Agustus 2008 @ 00:51 | Balas

  19. Masih ingat dengan Bella wanita berambut coklat yang jatuh cinta dengan pria yang salah. Salah? Menurut siapa Edward adalah pria yang salah? Dia tampan, terpelajar, memesona, dan yang terpenting dia mencintai Bella. Itu cukup. Tapi dia VAMPIRE.
    Ada rupanya dengan VAMPIRE? Apa Bella harus memilih pria lain yang datang padanya dengan maksud menjadi sahabat tapi sebenarnya ingin memiliki Bella dan menjauhkan Bella dari Edward. Tapi Jacob WEREWOLF, apa bedanya dengan VAMPIRE? Jacob pun pria terlarang.
    Reading Community via E-mail Bintang Gramedia.com

    Komentar oleh readingcomunity — 20 September 2008 @ 00:21 | Balas

  20. duch emang seru banget ya tu kisah twilight, new moon, eclipse, aku dah baca 3 seri itu tapi belum yang ke 4 nya yang breaking dawn. breaking dawn katanya edward cuman numpang lewat doank ya, kasian donk tapi apa sekarang dah di jual di toko buku gramedia bandung. pengen banget baca yang ke 4 da yang bisa bantu aku ga????????

    Komentar oleh ina — 2 Desember 2008 @ 12:16 | Balas

  21. Dear All..

    wah gak yangka tulisanku juga eksis di sini..
    bagi yang mau mengikuti review Twilight 1-3 silakan kunjungi blog aku ya..www.eviwidi.wordpress.com

    Cheers,

    -Evi-

    Komentar oleh Eviwidi — 13 Januari 2009 @ 01:09 | Balas

  22. buku2 bikinan stephenie meyer bener2 enak bgD yakk..
    apalagi di new moon,eclipse,ma breaking dawn..

    gw br baca yg new mo0n ma eclipse..
    smntr breaking dwn blm..
    hehehe^^~

    dan gw jg suka sm edward cullen..
    dy thu bener2 ganteng..ganteng..ganteng..bgD..!!!!*smiLes*

    bella jg cantik bgD..
    gw jG suka ma the culLens..
    hehehehehe..^^~

    Komentar oleh maria — 13 Maret 2009 @ 00:22 | Balas

  23. mau jawab nomer 9

    ada kisah lain judulnya Vampire Academy, kisah tentang Vampire dan Dhampir
    lebih bagus dari Twilight…Alurnya juga gak lambat kayak Twilight….

    Komentar oleh Mika — 30 Maret 2009 @ 15:24 | Balas

  24. Hi Mika, Terim’s ataskunjungannya. Kalo emang ada kisah baru atau judul baru, barangkali belum dibaca oleh anggota “Komunitas Klub Haus Buku”. Jika demikian, alangkah baiknya, bila Mika mau bikin resumenya atau komentar atau resensi review atau semacamnya lalu posting aja ke blog komunitas klub haus buku ini, please. Trim’s

    Komentar oleh opungregar — 30 Maret 2009 @ 21:54 | Balas

  25. Novel ini memang aneh, menyeramkan tapi romantis. bagi kalian yang ga punya uang download aja di sini, gratis kok : Buku-digital.co.cc

    Komentar oleh Hary — 3 April 2009 @ 01:07 | Balas

  26. novel ini emang keren abis. gw udah baca sampai buku ke 4 secara gw sih pengennya ada buku berikutnya abis di buku ke 4 edward cuma sedikit. denger2 sih ada buku lanjutannya, ada yang tau gak apa judulnya? trus kapan direleasenya?

    Komentar oleh andriani — 25 April 2009 @ 17:05 | Balas

  27. whoa…klu bahas Twilight..Edward cullen gak ada matinye..
    klu maw jujur..meyer emank belum bisa nulis sequel yang bagus,,tapi rumornya dia nulis Midnight Sun,,yang dibahas dari edward cullen’s point of view,,,
    aku baca cukilannya,,bener2 Vampir banget….but…gr2 dibajak lewat internet, Midnight Sun dihold dari publikasi…dan terancam gagal total…
    moga2 Meyer ga bener2 gondok,,,jd dia tetep terusin Midnight Sun…
    film seri True Blood juga bisa jd referensi bwt Vampire’s lover…
    edward rules…

    Komentar oleh flo — 29 April 2009 @ 00:10 | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: