Klub Haus Buku

25 Desember 2009

Menjadi Manajer Hebat

Filed under: Uncategorized — opungregar @ 00:54

Resensi Buku Pertama, Langgar Semua Aturan (Marcus Buckingham)
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu, 27 September 2009 | M. Sarwani *

M. Sarwani * 

Buku ini lahir dari dua penelitian besar yang digelar Gallup Organization dalam 25 tahun terakhir, yakni terhadap karyawan dan manajer. Penelitian pertama difokuskan pada karyawan dengan melibatkan sedikitnya 1 juta responden dari berbagai jenis perusahaan, industri, dan negara.

Mereka ditanya tentang ‘apa yang paling diinginkan oleh karyawan berbakat dari tempat kerja mereka’. Tentu banyak pertanyaan lain yang terkait, tetapi pada ujungnya
untuk mengetahui kebutuhan terpenting yang dituntut oleh karyawan produktif.

Sejumlah pertanyaan yang diajukan tersebut mendapat-kan jawaban yang beragam. Namun, temuan yang paling penting adalah ‘karyawan berbakat membutuhkan manajer hebat’.

Nama besar perusahaan, gaji besar, dan sistem pelatihan yang baik bisa menjadi daya
tarik bagi karyawan. Namun, berapa lama karyawan bertahan dan seberapa
produktif tergantung pada hubunganya dengan manajer, penyelia langsung mereka.

Hasil ini membawa Gallup Organization kepada penelitian yang kedua untuk para manajer dengan menanyakan ‘bagaimana para manajer terhebat dunia menemukan,
memfokuskan, dan mempertahankan karyawan mereka yang berbakat.’

Penelitian tersebut menyasar lebih dari 80.000 manajer dari 400 perusahaan besar dan
kecil, perusahaan swasta, perusahaan dagang, dan lembaga sektor publik.

Para manajer ini cenderung mendobrak kebijakan konvensional. Kebanyakan orang
memilih menjadi konvensional karena satu alasan, ia mudah.

Tidak demikian dengan yang dilakukan oleh para manajer hebat. Mereka memilih jalan yang lebih sulit, membutuhkan disiplin, fokus, kepercayaan dan kesediaan untuk
membeda-bedakan

Untuk menjadi manajer hebat, Anda tidak perlu meng-ubah gaya manajemen dengan meniru versi mereka, karena mereka toh juga tidak menawarkan teori baru atau rumus
yang sudah jadi. Yang ditawarkan mereka adalah pengetahuan mengenai bakat dan
mengubahnya menjadi prestasi dari para karyawan.

Sebagai contoh, setiap mana-jer mungkin akan menghadapi pertanyaan berikut dari
karyawan ‘mau ke ma-na saya akan pergi setelah ini’. Karyawan ingin berkembang.
Apakah sebagai manajer Anda akan membantunya mendapatkan promosi atau
menyarankan agar dia berbicara dengan bagian sumber daya manusia.

Sebagai manajer yang hebat Anda bisa membantu kar-yawan tersebut untuk mene-mukan tempat yang cocok. Tindakan ini mungkin bisa dimaknai macam-macam, bisa dinilai sebagai bentuk dorong-an, tetapi bisa juga dianggap sebagai proses
pemberhentian.

Betapapun pahitnya tang-gap-an yang muncul, mana-jer yang hebat tetap berpegangan pada tujuan, apa pun yang diinginkan karyawan, tanggung jawab manajer adalah membawa karyawan pada peran di mana karyawan itu mempunyai kesempatan besar untuk
Buku ini menghimpun sikap-sikap positif yang dilakukan para manajer hebat. Sebagai hasil penelitian yang mendalam, apa yang ada di dalam buku ini begitu mengena dan
dapat diterapkan karena merupakan pengalaman empiris.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: