Klub Haus Buku

28 September 2008

Krisis Minyak Versus Potensi Investasi

Filed under: Debate Buku,Gemar-Membaca,Resensi Buku — opungregar @ 19:32
Tags:
Sumber : Kompas Minggu, 28 September 2008 | 01:12 WIB

Judul: Profit from the Peak: the End of Oil and the Greatest Investment Event of the Century, Penulis: Brian Hicks & Chris Nelder, Penerbit: John Willey & Sons, Cetakan: I, 2008, Tebal: xvii+286 halaman

Cadangan minyak bumi menipis dan diperkirakan hanya akan tersedia hingga sekitar 300 tahun lagi. Menjadi penting untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan menghadapi krisis energi ini. Hicks, penerbit newsletter keuangan, dan Nelder, pakar energi, menunjukkan bahwa situasi tersebut justru dapat menjadi peluang investasi terbesar. Mengapa? Karena investor dan raksasa minyak dunia terus berlomba mencari sumber energi yang masih berlimpah. Badan Energi Internasional saja memperkirakan bahwa tak kurang dari 20 triliun dollar akan dapat diinvestasikan untuk 25 tahun ke depan.

Kecuali masa depan minyak dan gas, penulis menjelaskan bagaimana cara paling efektif untuk berinvestasi pada dua sumber energi itu. Menurut dia, bisnis yang paling menguntungkan dari minyak adalah penyediaan jasa industri migas. Misalnya pengolahan minyak mentah atau pengeboran lepas pantai. Atau untuk yang lebih suka bermain di pasar uang, direkomendasikan beberapa saham yang aman dan menguntungkan, misalnya Schlumberger Limited dan Halliburton.

Selain migas, batu bara, dan pasir aspal, juga dibahas beberapa energi alternatif lain, seperti energi matahari, panas bumi, nuklir, dan listrik serta peluang investasinya. (RPS/Litbang Kompas)

1 Komentar »

  1. BBCIndonesia.com 30 September, 2008 – Published 19:30 GMT* Saham Eropa kena dampak paket gagal *Saham-saham Inggris dan Eropa turun pada sesi awal setelah rencana paket penyelamatan finansial AS ditolak Kongres.

    Komentar oleh BBC Siaran Indonesia — 4 Oktober 2008 @ 23:55 | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: