Klub Haus Buku

19 September 2008

Disediakan 10.000 Buku untuk Anak TKI

Filed under: Brita,Harian Kompas,Pendidikan — opungregar @ 15:17
Tags:

Sumber : Harian Kompas, Kamis, 18 September 2008 | 00:24 WIB
Jakarta, Kompas – Departemen Pendidikan Nasional segera mengirimkan 10.000 buku bagi anak-anak tenaga kerja Indonesia di Sabah, Malaysia. Hal itu agar anak tetap dapat mengikuti perkembangan kurikulum di Indonesia.

Selama ini, mereka mendapatkan pendidikan dari lembaga semacam bimbingan tes yang berbasis di Malaysia, yakni Yayasan Humana. Sebelumnya diwartakan, para guru honorer yang baru saja pulang mengajar dari Sabah setelah kontrak dengan Depdiknas berakhir, melaporkan tentang pengajaran oleh Yayasan Humana yang sebagian besar mengacu pada kurikulum Malaysia. Siswa juga tidak mendapat ijazah sehingga tidak bisa meneruskan pendidikan.

”Pengiriman buku itu agar anak-anak TKI itu tidak asing dengan persoalan yang terjadi di Tanah Air,” ujar Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas Suyanto di Jakarta, Rabu (17/9).

Dalam acara itu hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Da’i Bachtiar serta Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Departemen Luar Negeri Teguh Wardoyo, yang baru saja mengadakan pertemuan dengan Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo terkait soal pendidikan anak TKI.

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Da’i Bachtiar mengungkapkan, pemerintah segera membangun sekolah Indonesia di Kota Kinabalu. Pemerintah Indonesia juga akan membeli tanah guna membangun sekolah tersebut. Suyanto menambahkan, telah disiapkan anggaran sekitar Rp 7 miliar untuk membeli tanah dan membangun sekolah bagi anak-anak TKI di lokasi yang strategis.

Sekolah tersebut untuk menangani anak-anak sekitar Kinabalu saja, yang berdasarkan pendataan sekitar 500 anak. Dari jumlah tersebut, terdapat sekitar 170 anak yang masih dalam usia sekolah. Selain itu, ada pula anak- anak yang tidak dapat masuk sekolah formal karena faktor usia. Untuk anak-anak tersebut, pemerintah merencanakan untuk memberikan pelayanan pendidikan nonformal. (INE/MUL

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: