Klub Haus Buku

18 September 2008

PM Malaysia tepis klaim oposisi

Diperbaharui pada: 16 September, 2008 – Published 08:54 GMT
Sumber : BBC Siaran Indonesia, Selasa, 16 September 2008

Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi menolak klaim oposisi yang mengaku sudah memiliki cukup dukungan untuk merebut kekuasaan.

Pemimpin oposisi Anwar Ibrahim telah

Abdullah Ahmad Badawi, Malaysia
PM Badawi menafikan klaim Anwar soal transisi

menyatakan mampu menggalang wakil rakyat dari kubu pemerintah untuk membelot paling lambat hari Sabtu, sehingga dia bisa membentuk pemerintahan baru.

Dia mengatakan, dia ingin bertemu PM Abdullah Badawi untuk membahas penyerahan kekuasan.

Namun, Abdullah, yang menghadapi kecaman soal penahanan beberapa orang tanpa proses di pengadilan, bersikukuh menyatakan, dia tetap berkuasa.

“Mengapa saya tertekan? Itu hanya mimpi semata. Jika itu memang benar, dia tentu sudah mengumumkan sekarang. Seluruh dunia pasti sudah mengetahui,” kata Abdullah Badawi saat ditanya kalau-kalau upaya Anwar itu akan memaksa dia mundur.

“Anda fikir dia akan meminta bertemu saya untuk membahas peralihan? Dia akan menyerbu kamar saya dengan ratusan orang di belakangnya, sambil meneriakkan kemenangan. Ini gaya Anwar,” kata Pak Lah – demikian panggilan Abdullah Badawi dalam konferensi pers hari Selasa.

Tenggat waktu Anwar

Anwar telah berikrar akan menggulingkan pemerintahan Badawi beberapa bulan ini, setelah kubu oposisi mereka tambahan suara banyak dalam pemilihan rakyat bulan Maret.

Namun, sejauh ini, Anwar belum juga mengumumkan nama anggota parlemen yang “membelot” ke kubunya.

Di depan sekitar 10.000 pendukungnya dalam rapat umum Senin malam, Anwar mengulangi klaimnya, meski juga mengisyaratkan bahwa tenggat waktu 16 September yang dia tetapkan mungkin tidak terpenuhi.

Koalisi oposisi yang dimotori Anwar mendapat momentum besar, namun tidak mungkin dia akan mulai berkuasa pada hari Selasa, kata wartawan BBC Robin Brant di Kuala Lumpur.

Wartawan kami menambahkan, Anwar mempergencar tekanan terhadap pemerintah – tapi menambahkan, partai yang sama telah berkuasa di Malaysia sejak negara itu berdiri 51 tahun silam.

Namun, bisa dipastikan pemerintah tengah mengalami kesulitan, dia mengatakan, kekuasaan itu mungkin memasuki babak akhir.

Pemerintah ‘yakin’

Abdullah Badawi mengatakan, dia tetap tidak gentar.

“Pemerintah kuat, kami tetap di sini,” ujar Badawi.

Sedangkan, wakilnya, Najib Razak, yang diposisikan sebagai pengganti Abdullah, mengulangi jaminan.

“Saya yakin pemerintah Barisan [Nasionapl] akan tetap berkuasa,” kata Najib soal nasib koalisi Barisan nasional, yang dimotori UMNO.

“Ini politik pengecohan, ditebar untuk menipu, dan jelas itu belum menjadi kenyataan,” kata Najib saat mengomentari kampanye politik Anwar.

Pemerintah pimpinan BN kehilangan mayoritas dua pertiga di parlemen bulan Maret untuk kali pertama sejak Malaysia merdeka lebih dari satu abad silam. Anwar memerlukan 30 anggota parlemen membelot ke kubunya yang memilki 82 wakil di parlemen, untuk bisa menguasai mayoritas dalam majelis yang memiliki 222 anggota.

UMNO diperkirakan mengadakan pertemuan pejabat senior partai hari Rabu.

Suhu politik di Malaysia memanas, sementara menteri hukum di jabatan perdana menteri Zaid Ibrahim mengajukan pengunduran diri dengan alasan menolak langkah pemerintah menahan tiga orang dengan menggunakan UU keamanan dalam negeri ISA.

Menurut catatan, ini untuk pertama kalinya seorang menteri Malaysia mundur berkaitan dengan penggunaan ISA.

Mereka ditahan itu ialah blogger atau penulis blog ternama Malaysia, Raja Petra Kamaruddin, anggota parlemen Teresa Kok, dan wartawan Sin Chew Daily, Tan Hoon Cheng.

Wartawan Tan Hoon dibebaskan satu hari setelah ditahan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: