Klub Haus Buku

18 Agustus 2008

Pasangan Calon Belum Serius Terhadap Pendidikan Gratis

Filed under: Gratis,Pendidikan — opungregar @ 23:48
Tags:

Sumber : Kompas.com, Minggu, 17 Agustus 2008 | 17:42 WIB

JAMBI, MINGGU – Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi belum serius mengangkat tema pendidikan gratis bagi masyarakat. Anggaran yang direncanakan untuk dikucurkan masih sangat bergantung aliran dana dari pusat. Ini terungkap dalam debat kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Kota Jambi di Ratu Convention Center, Jambi, Sabtu (16/8).

Hampir seluruh pasangan calon menggagas pendidikan gratis dalam kampanye mereka. Namun, pada debat kandidat Sabtu kemarin, tidak satu pun calon dapat menguraikan secara jelas bagaimana wujud pendidikan gratis diberikan untuk masyarakat.

Pasangan Bambang Priyanto-Sum Indra misalnya, ditanya oleh pasangan calon lain, dari mana sumber pendanaan pendidikan gratis. Sum hanya menjawab bahwa pendanaan bersumber dari pemerintah pusat. Sementara, dia tidak mampu menjabarkan perihal alokasi dana pendidikan yang bersumber dari APBD Tingkat II. “Dana dialokasikan dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Pasangan Zulkifli Shomad-Agus Roni menyatakan sepakat untuk memberikan pendidikan gratis dan memerangi berbagai jenis pungutan di sekolah. “Kondisi pendidikan kita sangat mengkhawatirkan. Soal pungutan apalagi, itulah yang harus kita basmi,” kata Zul.

Meski begitu, pasangan ini tidak dapat memaparkan lebih lanjut konsep pendidikan gratis yang mereka tawarkan. Hal serupa juga terjadi pada pasangan Asnawi-Nuzul Prakasa dan Sutrisno-Effendi Hatta.

Para panelis antara lain menanyakan bagaimana konsep tata ruang kota yang digagas oleh tiap kandidat, bagaimana upaya meningkatkan sektor ekonomi, penataan PKL dan pembenahan Pasar Angso Duo.

Ketua KPU Kota Jambi Badjuri berharap, debat kandidat menjadi instrumen bagi para kandidat untuk menyampaikan pemikirannya pada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat lebih mempertimbangkan mereka sebelum memilih nanti.

Debat kandidat diikuti oleh empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta tiga panelis, yaitu Rektor Universitas Jambi Kemas Arsyad Shomad, Dosen Hukum Unja Rozali Abdullah, dan Dosen Ekonomi Unja Aulia Tasman. Setiap pasangan calon diperkenankan membawa 15 pendukung untuk mengikuti debat kandidat.

Di luar ruangan debat, sempat terjadi keributan. Sejumlah pendukung kandidat memaksa masuk untuk dapat mengikuti secara langsung acara tersebut. Namun, karena undangan terbatas, panitia tidak memperkenankan mereka masuk, dan mempersilahkan mereka mengikuti acara debat melalui layar besar yang dipasang pada ruangan di sebelahnya.

ITA

Sent from my BlackBerry © Wireless device from XL GPRS/EDGE/3G Network

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: