Klub Haus Buku

19 Juni 2008

Seruan Bush tentang minyak

Filed under: Politik Internasional — opungregar @ 00:42
Tags:
Harga minyak di Amerika Serikat
Harga minyak menjadi bagian dari pembicaraan luas tentang kebijaka

Diperbaharui pada: 18 Juni, 2008 – Published 16:48 GMT

Presiden George W Bush meminta Kongres Amerika Serikat menghentikan larangan atas eksplorasi minyak di lepas pantai Amerika yang sudah diberlakukan 27 tahun, guna mengurangi ketergantungan pada impor minyak.

Bush mengatakan larangan yang berlaku saat ini “ketinggalan zaman dan tidak produktif”.

Langkah ini dia lakukan di saat konsumen Amerika mendesak pemerintah mengambil tindakan untuk mengatasi lonjakan harga jual BBM yang mencapai lebih dari $4 per galon (hampir 4 liter).

Kebutuhan energi di Amerika Serikat akan menjadi isu penting pada pemilihan presiden bulan November.

Calon presiden dari Partai Republik John McCain mendukung pemboran minyak di lepas pantai sementara saingannya dari Partai Demokrat, Barack Obama, menentang.

Dalam jumpa pers di Gedung Putih, Bush mengatakan Kongres “tidak punya alasan untuk menunda” pencabutan larangan itu.

“Keluarga di seluruh negeri ini menunggu tanggapan Washington,” katanya.

Ketergantungan Amerika

Sejak tahun 1981, moratorium kongres melarang pemboran minyak dan gas di sepanjang pantai timur dan barat serta di Teluk Meksiko.

Larangan federal diterapkan sebagai bagian untuk melindungi pariwisata mengurangi ancaman tumpahan minyak di pantai.

Kalangan Demokrat dan sebagian dari Partai Republik yang mewakili negara-negara bagian yang memiliki wilayah pantai, menentang penghentian moratorium tersebut.

Presiden Bush, yang berulang kali mendesak agar larangan dicabut, menuduh Partai Demokrat menggunakan kendali mereka di Kongres untuk mengacaukan upaya mendorong produksi minyak dalam negeri.

Presiden juga kembali mendesak agar Taman Nasional Arktik di Alaska dibuka kembali untuk eksplorasi minyak.

Senator McCain, calon presiden dari Partai Republik, menentang eksplorasi di Alaska dan sebelumnya mendukung moratorium tentang pemboran minyak di wilayah pantai.

Namun sewaktu berbicara di Houston pada hari Selasa, McCain mendesak agar larangan eksplorasi minyak di lepas pantai Amerika dicabut untuk membantu mengurangi ketergantungan Amerika pada impor minyak.

McCain mengatakan Amerika memiliki simpanan energi berjumlah besar dan perlu mencari cara memakai bahan kabar yang bersih dan bertanggungjawab.

5 Komentar »

  1. Udah baca buku berjudul “Pengakuan Bandit Ekonomi” yang dikarang, –kalau tidak silap– oleh Jhon Hopkins edisi Indonesianya di terbitkan Ufukpress? Kalau belum,bacalah tulisan “Seruan Bush Tentang Minyak” yang diperbarui oleh bbc.indonesia.news tgl.18 Juni 2008. Tapi kalau Anda membaca buku “Pengakuan Bandit Ekonomi, maka Anda akan mendapat gambaran tentang politik perminyakan dunia, dan bagaimana sepajak terjang korporat-korporat terkemuka menjalani pergumulan untuk memastikan Amerika Serikat punya peranan penting terhadap hampir seluruh rangkaian produksi minyak dunia.

    Komentar oleh surur — 19 Juni 2008 @ 07:40 | Balas

  2. Barack Obama, –kandidat orang nomor satu di Amerika– memang layak menetang pemboran minya di lepas pantai. Alasannya bukan saja karena Obama sedang menuju kuri nomor satu Amerika Serikat, melainkan karena pandangannya terhadap pemiskinan terhadap rakyat yang negaranya punya potensi dan sumber daya alam melimpah. Sementera yang menikmati ialah justru negara yang sudah sedemikian makmur. Anjuran komentator terdahlu agaknya benar agar kita membaca buku tersebut. Termasuk membaca buku karang Barack Obama sendiri yang sudah di Indonesiakan.

    Komentar oleh vina — 19 Juni 2008 @ 07:51 | Balas

  3. Harga bahan bakar minyak yang terus merokek membuat berbagai elemen masyarakat mencari solusi dalam menghemat penggunaan BBM. Seperti, salah satu Teknologi Elektrolisa Air, hasil temuan ilmuwan berkebangsaan Amerika Stan Meyer.
    Teknologi hemat BBM ini diperkenalkan oleh F Mustari, salah satu penggagas hemat energi. Alat sederhana yang menggunakan prisip elektrolisa, diperkenalkan F Mustari dengan nama Brown Energy….

    Komentar oleh Ufuk Press — 31 Juli 2008 @ 10:38 | Balas

  4. Obama ingin harga minyak turun *Kandidat pemilihan presiden AS Barack Obama menjabarkan rencananya untuk mengatasi dampak kenaikan harga energi.

    Komentar oleh BBC Indonesia — 5 Agustus 2008 @ 21:30 | Balas

  5. BBCIndonesia.com,via Email Opung Regar, 01 Oktober, 2008 – Published 13:19 GMT* Pasar tunggu paket ekonomi AS *Pasar saham dunia memberikan reaksi beragam menjelang pemungutan suara di Senat Amerika mengenai paket penyelamatan ekonomi.

    Komentar oleh BBC Siaran Indonesia — 4 Oktober 2008 @ 23:40 | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: