Klub Haus Buku

15 Juni 2008

Ujian Nasional : Di Sejumlah Sekolah 100 Persen Siswa Tak Lulus

Filed under: Pendidikan,Ujian Nasional — opungregar @ 16:16
Tags:
Minggu, 15 Juni 2008 | 02:02 WIB 
Jakarta, Kompas – Tangis dan tawa mewarnai pengumuman kelulusan siswa SMA dan sederajat yang dilakukan serentak di Tanah Air, Sabtu (14/6). Banyak sekolah yang kelulusan siswanya mencapai 100 persen, tetapi ada pula sekolah yang 100 persen siswanya tak lulus.

Di Yogyakarta, misalnya, menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DI Yogyakarta Suwarsih Madya, ada satu sekolah yang semua siswanya tidak lulus. ”Tetapi harus dilihat, berapa siswa sekolah yang mengikuti ujian nasional itu,” ujarnya. Sekolah yang semua siswanya tidak lulus itu merupakan SMK swasta dengan siswa sebanyak 11 orang.

Di Surabaya, menurut Ketua Subrayon SMAN 21 Surabaya, Nurseno, yang membawahi enam sekolah swasta pada penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2008, ada satu SMA swasta dengan murid 18 orang yang semua siswanya tidak lulus.

Di Bandar Lampung, menurut Koordinator Humas Dinas Pendidikan Lampung, Bambang Joko Dwisunarto, ada tujuh sekolah setingkat SMA yang 100 persen siswanya tidak lulus.

Siswa-siswa yang dinyatakan lulus di berbagai kota merayakan kelulusannya dengan melakukan konvoi sepeda motor mengitari kota. Namun, 232 siswa SMAN 3 Yogyakarta memilih membagikan 450 nasi kotak kepada anak jalanan, pengemis, dan tukang becak.

Di Jayapura, puluhan siswa SMA PGRI Jayapura mengamuk ketika diumumkan hanya delapan dari 94 siswanya yang lulus. Mereka memecahkan kaca-kaca ruang kelas, serta merusak papan nama dan pintu sekolah.

Di Palembang, ratusan siswa SMA yang merayakan kelulusan dengan melakukan konvoi kendaraan terpaksa berurusan dengan polisi karena melanggar aturan lalu lintas. (A06/A11/PRA/WER/RWN/ A07/BEE/INK/HLN/ICH/ONI)

2 Komentar »

  1. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    pendidikan terhangat
    “Artikel anda di infogue”

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

    Komentar oleh padhepokananime — 17 Juni 2008 @ 10:37 | Balas

  2. Kalau banyak siswa yang tidak lulus lalu siapa yang salah? apa kepala sekolahnya yang tidak mampu, ataukah Pemerintah yang belum memberikan fasilitas yang memadai?. yang jelas bahwa sebagian besar sekolah diIndonesia belum memiliki fslitas dan guru memamadai.Masih banyak sekolah yang kepala sekolahnya merangkap sebagai guru dari berbagai mata pelajaran.Tapi ironisnya ketika Ujian Nasional digelar mereka harus lulus beberapa matapelajaran.Mereka harus lulus bahasa Inggris padal disitu tidak ditempatkan guru bahsa inggris, dan begitu juga pelajaran lain. Dan ketika banyak siswa yang tidak lulus maka yang dipertanyakan adalah kinerja kepala sekolahnya, bukan sudah sejauh mana keterlibatan Pemerintah dalam
    pemenuhan fasilitas dan tenaga guru. Oleh sebab itu saran kepada pihak yang terkait bahwa janganlah melihat ketidak lulusan itu sebagai suatu kegagalan kepala sekolahnya, tapi lihatlah itu sebagai suatu problem pendidikan yang harus dipecahkan bersama, sehingga tidak ada salin menyalahkan.

    Komentar oleh B.Paputungan — 17 Juni 2008 @ 12:27 | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: