Klub Haus Buku

7 Juni 2008

Hal Utama Dalam Psikologi Pendidikan

Filed under: Pendidikan,Psikologi — opungregar @ 21:45
Tags:

Disadur Oleh Kelompok Bookacholic

Psikologi pendidikan merupakan cabang dari psikologi yang befokuskan pada pengembangan teknik mengajar yang efektif dan penilaian kemajuan terhadap kecerdasan siswa. Suatu pandangan tentang pendidikan dewasa tidak akan lengkap tanpa memperhatikan teori-teori yang membentuk bagaimana cara kita belajar dan cara kita mengajar.

Sementara kita sadar bahwa ada banyak teori yang ditemukan dan sedikit para profesional teknologi dan bahkan lebih sedikit konsumen yang menyadari perbedaan antara teori-teori dan bagaimana mereka mempengaruhi cara kita belajar.

Kilasan tentang teori yang berbeda-beda ini memperkenalkan nama-nama prinsip, teori, dan implikasi dari masing-masing pendekatan. Penjelasan yang lengkap mengikuti kesimpulan. Dengan penjelasan ilmu pengetahuan ini, kita bisa menentukan teori yang mana yang cocok dengan kebutuhan kita dan yang mana yang harus diperhatikan ketika kita mengevaluasi program-program instruksional.

5 Komentar »

  1. Para guru sepakat, bahwa setiap anak didik akan mengalami perubahan perilaku, seperti dari kebiasaan tidak baik ke kebiasaan perilaku baik. Akan tetapi sifat dasar pengetahuan sebagai sumber perubahan perilaku seringkali terlupakan. Secara umum teori pengetahuan dibagi dalam dua kelompok yakni, yang disebut dengan behaviorist dan cognitif. Hal ini menunjukkan bahwa di satu sisi berkaitan dengan pemberian stimulus dan penguatan motivasi. Di sisi lain menyangkut dengan proses pembelajaran manusia yang seringkali tidak nampak, seperti daya ingat, perhatian dan pemahaman anak didik itu sendiri. Dalam konteks inilah para guru memilih kebutuhan mana yang cocok untuk keperluan evaluasi program instruksional

    Komentar oleh Ratna Sriwina — 21 Juni 2008 @ 12:10 | Balas

  2. Menurut Kelvin Seifer,pembelajaran yang merujuk pada sebuah perubahan perilaku yang relatif permanen, sebagian besar muncul disebabkan oleh sebuah pengalaman khusus yang relatif

    Komentar oleh Ida Subhani — 21 Juni 2008 @ 12:15 | Balas

  3. Sekarang ini kita tengah diterpa oleh kegelisahan melihat bagaimana para siswa kita meraih keunggulan akademik. Tuntutan terhadap standarisasi pendidikan nasional membuat kita terus berpikir agar anak didik kita mampu menyerap pelajaran yang diajarkan para guru. Pengembangan teknik mengajar yang efektif, dengan demikian menjadi amat penting untuk mencerdaskan para siswa.

    Komentar oleh Ikhsan — 21 Juni 2008 @ 12:38 | Balas

  4. Bagaimana pun juga uji kompetensi guru, penting, bila kita memang hendak meningkatkan mutu mampu para siswa kita di Indonesia. Bahwa mutu mampu tidak cuma cerdas secara intelektual. Tetapi juga cerdas secara sosial dan emosional. Peranan psikologi pendidikan dengan demikian sangat menentukan dalam memilih sumber belajar yang tepat.

    Komentar oleh Insan Adha — 21 Juni 2008 @ 13:06 | Balas

  5. Understanding Love: Komik Psikologi tentang Cinta. “Baca aja Understanding Love, isinya dijamin akan membuatmu mengerti arti cinta, terkontaminasi aura cinta dan bikin kamu mati ketawa karena cinta,” kata Wahyu HD. Buku ini mengaku sebagai komik psikologi tentang cinta. Penulis sekaligus tukang gambarnya adalah Wahyu HD, komikus muda pencipta tokoh komik Solara.

    Komentar oleh Setiyo Bardono — 15 September 2008 @ 19:25 | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: