Klub Haus Buku

21 Mei 2008

Tokoh Berbagai Kalangan Hadiri Peluncuran Maket Monumen Kebangkitan Pemuda

Filed under: Politik Nasional — opungregar @ 18:33

Minggu, 18 Mei 2008 20:56 WIB : Tokoh-tokoh itu antara lain Abdul Madjid, Permadi, Rachmawati Soekarnoputri, Ketua MK Jimly Assidhiqqie, Herman Sarens Sudiro, Yorys Raweway, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Gubernur Riau Rusli Zaenal, Menteri DKP Freddy Numberi, dan Menpora Adhyaksa Dault sebagai tuan rumah.

Peluncuran maket Monumen Kebangkitan Pemuda Tanah Air Indonesia yang nantinya akan dibangun dengan tinggi 17 meter itu ditandai dengan prosesi penyerah tanah air yang berasal dari 33 provinsi di seluruh Tanah Air, mulai dari titik nol di Merauke di ujung timur sampai titik nol di Sabang di ujung barat.

Halaman Kantor Menpora di kawasan Senayan Jakarta tampak meriah ketika perwakilan dari masing-masing provinsi menyerahkan 10 kg tanah dan sepuluh liter air kepada Adhyaksa. Tanah dan air yang dibungkus rapi tersebut akan dijadikan salah satu bahan pembangunan monunen itu.

Monumen dengan tinggi 17 meter itu akan dibangun di areal seluas 314 meter persegi berbahan baku utama kuningan proses cor dan pelat kuningan murni.

Puncak monumen berbentuk api yang melambangkan dian yang tidak kunjung padam sebagai semangat yang harus menyala di dalam dada setiap pemuda Indonesia.

Bagian badan monumen akan berbentuk payung untuk melambangkan pengayom atau melindungi diri, serta kuncup melati melambangkan dinamika pembaharuan yang selalu berkembang.

Di bagian bawah dan dasar akan dihiasi dengan relief untuk menempatkan deskripsi sumpah pemuda dan relief peta Indonesia, sementara bunga teratai menggambarkan jejak sejarah bangsa.

Selain peluncuran maket monumen, acara peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional itu juga akan ditandai dengan penganugerahan Menpora Award untuk bidang seni 2008 kepada artis dan pelaku seni, di antaranya Grup Band Titans dan Changcuters (band kreatif pendukung kegiatan kepemudaan), Izzatul Islam dan Senada (grup nasyid kreatif), Dude Harlino dan Ayudia Bing Slamet (artis dan pendukung kegiatan kepemudaan).

Adhyaksa yang juga mantan Ketua Umum Pengurus Pusat KNPI itu meminta agar para pemuda Indonesia tidak terjebak dalam kepentingan kelompok partai politik, organisasi masyarakat atau organisasi lainnya.

“Tepat seratus tahun kebangkitan nasional dan sepuluh tahun reformasi, saya mengharapkan agar pemuda Indonesia juga tidak terjebak dalam fitnah-memfitnah serta terjebak dalam kepentingan pihak asing,” katanya. (Ant/OL-03)

MI/M IRFAN

JAKARTA–MI: Tokoh dari berbagai kalangan menghadiri peluncuran maket Monumen Kebangkitan Pemuda Tanah Air Indonesia untuk menandai satu abad Kebangkitan Nasional di halaman Kantor Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, di Jakarta, Minggu (18/5).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: