Klub Haus Buku

18 Mei 2008

Refleksi Jiwa Batak Mangatas Pasaribu

Filed under: Kebudayaan — opungregar @ 21:44
Tags:

Seni Rupa
KOMPAS/AUFRIDA WISMI WARASTRI / Kompas Images
Seniman lukis Mangatas Pasaribu menggelar pameran tunggalnya yang diberi tema “Aku dan Batak” di Galeri Tondi, Sabtu (10/5). Pameran digelar hingga akhir bulan Mei.

Minggu, 11 Mei 2008 | 23:52 WIB
Medan, Kompas – ”Aku dan Batak” menjadi tema pameran lukis Mangatas Pasaribu, perupa Medan yang juga dosen Universitas Negeri Medan di Galeri Tondi, Medan, hingga akhir Mei ini. Mangatas menampilkan 15 lukisannya yang dibuat sejak tahun 1995 hingga 2008.
Menurut Mangatas, tema ”Aku dan Batak” diambil karena siapa saja bisa menjadi aku yang merefleksikan Batak. Secara pribadi, pameran ini merupakan refleksi Mangatas tentang dunia Batak.
Tema lukisan realis Mangatas beraneka ragam yang merupakan simbolisasi Batak dalam gambar dan satu karya seni instalasi. Mangatas tidak hanya menampilkan warna merah, putih, dan hitam, warna khas Batak, tetapi juga menampilkan warna hijau yang diartikannya sama dengan merah, yaitu kesuburan.
Lukisan yang muncul, antara lain, menampilkan Pohon Hayat yang merupakan pohon kehidupan warga Batak, Pusuh Buhit yang merupakan tempat yang dipercaya warga Batak sebagai tempat munculnya manusia dan gambaran hewan-hewan dalam mitologi Batak, seperti kuda, gajah, kerbau, dan cicak.
Adapun seni instalasi yang ditampilkan Mangatas berupa lantai yang dipenuhi semacam abu yang dilukis di atasnya. Di tengah hamparan abu itu berdiri kaki tiga dari rotan yang digantungi semacam alat penunjuk ke arah cermin di bawahnya.
Tiga piring warna hitam, merah, dan putih berada di sudut hamparan abu berisi telepon seluler, kunci, dan pisang.
Daulat Saragih, ahli filsafat dan simbol Batak Universitas Negeri Medan, mengatakan, tema-tema yang muncul dalam lukisan Mangatas adalah tema kosmologi Batak dan simbolisasi Batak yang merupakan spirit Batak lama, khususnya sebelum masuknya agama-agama besar ke Tanah Batak. (WSI)

3 Komentar »

  1. Terima kasih, telah mengunjungi blog Klub Haus Buku, informasi dan komentar yang Anda tinggalkan dan apa yang Anda harus sampaikan, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, sangat bermanfaat bagi kami. Kami ingin terus berinteraksi dengan Anda dan menciptakan hubungan social melalui diskusi online lewat blog ini.
    Kami dari komunitas Klub Haus Buku mencoba membangkitkan kembali sprit Gemar-Membaca Mengasyikkan dan Membikin Hidup Lebih Bermakna. Komunitas ini juga mendiskusikan banyak hal tentang buku dan dunia perbukuan yang telah sedemikian maju dan berkembang pesat di Indonesia.
    Kunjungi terus blog ini dan tinggalkan pesan, saran dan apa pun saja komentar, demi kebaikan dan kebersamaan selalu bermanfaat bagi khalayak ramai pilih salah satu blog ini untuk posting komentar Anda, di alamat ini : http://klubhausbuku.WordPress.com, http://klubhausbuku.blogspot.com, http://bookhunerclub.yahoo/group.com, http://my.opera.com.Opungregar.blog, http://opungregar’s.Weblog.WordPress.com, http://redingcomunity.WordPress.com, http://my.opera.com/Regard/blog
    Salam, Opung Regar

    Komentar oleh opungregar — 30 Juli 2008 @ 02:04 | Balas

  2. masih ingat sama abid pak?

    Komentar oleh abid — 27 Agustus 2008 @ 15:40 | Balas

  3. horas

    Komentar oleh alisyah — 1 November 2008 @ 03:01 | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: