Klub Haus Buku

18 Mei 2008

Menggugat Neoliberalisme

Filed under: Resensi Buku — opungregar @ 20:36
Tags:

Sumber : Harian Kompas, Minggu, 18 Mei 2008 | 01:03 WIB
Judul: Membongkar Mitos Neolib: Upaya Merebut Kembali Makna Pembangunan, Penulis: Ha-Joon Chang & IIene Grabel, Penerbit: InsistPress, Cetakan: Januari 2008, Tebal: xiv + 229 halaman, Litbang Kompas.

Selama ini kaum neoliberalisme (neolib) beranggapan bahwa gagasan mereka paling ideal untuk mencapai kemakmuran dunia. Salah satu doktrin yang dibanggakan adalah perdagangan bebas. Konsep ini lebih mendorong pertumbuhan pasar daripada mengatur arus finansial dan perdagangan oleh negara. Model ini diyakini bisa meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan pertumbuhan lapangan kerja.
Dua pakar ekonomi, Ha-Joon Chang dan IIene Grabel, mengkritik pendapat tersebut. Paradigma tersebut dinilai gagal diterapkan, terutama di negara-negara berkembang. Saat terikat perjanjian perdagangan dengan negara industri, konsep ini dirasa tidak optimal diterapkan oleh negara berkembang. Fakta lain menyebutkan, pasca-Perang Dunia II sejumlah negara berkembang berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonominya tanpa mengadopsi perdagangan bebas. Taiwan, Brasil, China, dan India berhasil membangun ekonominya dengan menerapkan perdagangan strategis. Mereka menggabungkan kebijakan proteksi pajak yang ditargetkan, subsidi, dan peningkatan ekspor.
Selain mengkritik beberapa paradigma neolib, publikasi ini juga menawarkan alternatif-alternatif kebijakan ekonomi. Salah satunya adalah pembangunan industrialisasi. Tidak semua negara menggunakan resep tunggal dalam menerapkan kebijakan industri. Seperti dilakukan negara Jepang yang menerapkan proteksi atas industri baru dengan didukung agresivitas ekspor. (YOG/Litbang Kompas)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: