Klub Haus Buku

18 Mei 2008

Hibas Gelar Pesta Kesenian Tradisional Batak

Filed under: Kebudayaan — opungregar @ 21:21
Tags:

Kebudayaan

Rabu, 14 Mei 2008 | 00:08 WIB

Padang, Kompas – Himpunan Batak di Sumatera Barat atau Hibas akan menggelar Pagelaran Budaya Tradisional dan Kesenian Batak Tahun 2008, Sabtu (24/5) di GOR Prayoga, Padang. Pergelaran kesenian ini akan menampilkan sederetan budaya asli Batak. Pdt Henry Dunan Sirait dari bagian Humas Hibas, Selasa (13/5) dalam jumpa pers, mengatakan, salah satu kesenian yang akan dihadirkan adalah gondang batak sabangunan yang terdiri atas satu unit lengkap perangkat musik tradisional Batak. ”Acara Pagelaran Budaya Tradisional dan Kesenian Batak ini akan diawali dengan manotor atau menari dengan tarian Batak. Manotor dilakukan oleh utusan marga-marga yang jumlahnya sekitar 60 marga,” tutur Henry. Seperti sebuah pesta di Batak, kegiatan ini juga diisi dengan kebiasaan dan tradisi silua atau memberi sesuatu tanda kasih dan hormat. Silua dilaksanakan oleh masyarakat Batak karena mereka menganut falsafah ”lebih baik memberi daripada menerima”. Setiap marga akan membawa silua mereka yang dipersembahkan kepada perhimpunan ini. Hingga kini, menurut Henry, budaya Batak yang ada di Sumatera Barat nyaris tidak mengalami percampuran dengan budaya lain. Karena itu, keaslian budaya Batak masih terjaga. Pengaruh terhadap budaya Batak lebih dominan terjadi karena masuknya agama yang kemudian dipeluk oleh masyarakat Batak. Sejumlah artis ibu kota juga akan hadir dalam acara ini, seperti trio Lamtama dan artis Rani Simbolon. Selain itu, artis Batak dari Kota Padang juga diagendakan hadir dalam kegiatan yang akan dimulai pukul 17.00 dan berakhir pukul 23.00 itu. Rencananya, Wali Kota Padang Fauzi Bahar juga akan hadir dalam acara tersebut. Selain masyarakat Batak yang ada di Sumatera Barat, kegiatan ini juga terbuka bagi seluruh etnis di Sumatera Barat. Undangan untuk kegiatan ini bisa dibeli seharga Rp 25.000 hingga Rp 100.000 per lembar. Undangan berlaku untuk dua orang. Hibas mulai terbentuk sejak 18 November 2006, setelah musyawarah besar masyarakat Batak di Sumatera Barat. Perhimpunan ini bertujuan untuk membina kesatuan masyarakat Batak di Sumbar. (ART)

3 Komentar »

  1. Buku menguraikan secara lengkap dan detil mengenai seluruh sisi kehidupan masyarakat Batak Toba: struktur silsilah, konsep religius, persekutuan masyarakat, konsep hukum, hukum perkawinan, hukum warisan, hak pemilikan tanah, dan pemecahan masalah yang terjadi antarmereka.

    Komentar oleh Dunia Buku — 3 Juli 2008 @ 08:16 | Balas

  2. Buku ini menguraikan secara lengkap dan detil mengenai seluruh sisi kehidupan masyarakat Batak Toba: struktur silsilah, konsep religius, persekutuan masyarakat, konsep hukum, hukum perkawinan, hukum warisan, hak pemilikan tanah, dan pemecahan masalah yang terjadi antarmereka.

    Judul:Masyarakat dan Hukum Adat Batak Toba
    Penulis:J. C. Vergouwen, Jumlah Halaman:xxxvi + 642 hal,ISBN: 979-3381-42- 6
    Terbit:Apr 2004

    Komentar oleh Dunia Buku — 3 Juli 2008 @ 08:19 | Balas

  3. Info Buku :Tuanku Rao ( Penerbit LKiS )Price per Unit (piece): Rp 135.000

    Judul :Tuanku Rao, Penulis: Mangaraja Onggang Parlindungan, Jumlah Halaman:iv + 691 Hal, Terbit: 2007

    Komentar oleh Dunia Buku — 3 Juli 2008 @ 08:22 | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: